cover
Contact Name
Baskoro Suryo
Contact Email
banindro@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.ars@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ARS: Jurnal Seni Rupa Dan Desain
ISSN : 18297412     EISSN : 25807374     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
ARS merupakan jurnal ilmiah berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan, dan studi pustaka di bidang seni rupa dan desain. Jurnal ini terbit 3 kali setahun dengan 6 artikel setiap edisi yang jatuh pada bulan Januari - April, Mei - Agustus, September - Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022" : 13 Documents clear
Representasi Visual dan Memori Kolektif dalam Foto Karya Hasan Sakri Ghozali Daru Tunggul Aji; Fransisca Sherly Taju
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.5628

Abstract

Materi visual dalam fotografi tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan, namun materi visual dalam foto mampu membangun daya sosial. Selain itu, kuasa visual dalam fotografi tidak sekadar membekukan realitas, namun juga mampu menghidupkan realitas, baik secara sinkronik maupun diakronik. Visualitas dalam fotografi menjadi sangat kompleks, terutama jika dikaitkan dengan fakta peristiwa dan aspek sosial. Karya Foto Jogja Dulu dan Sekarang dalam Satu Frame karya Hasan Sakri Ghozali, yang dipublikasikan melalui tribunjogja.com memuat materi visual ruang kota, Ia menyandingkan foto pada masa lampau dan dikomparasikan dengan kondisi saat ini. Foto-foto tersebut dikomposisikan dalam satu frame. Hal demikian dapat dikatakan sebagai bentuk “kolase komunikasi visual”. Tiga aspek yang ditawarkan oleh Gillian Rose pada Site of Image itself memberikan gambaran bagaimana modal teknologi membangun efek visual yang mampu membangun daya pukau dan merepresentasikan suasana ruang dalam fotografi, sedang dalam tataran komposisi dua buah foto dari masa yang jauh berbeda dihadirkan dalam satu frame membangun interpretasi terkait waktu fotografis.  Pada sisi makna, secara sosial kota bukan sekadar ruang interaksi, namun kota menjadi ruang memori sekaligus ruang dimana sisi historis menjadi salah satu faktor bagi keberdayaan sebuah foto.
Metode Perancangan Logo Brand Kota dengan Partisipasi Warga Lokal Danang Adi Wiratama; Agung Eko Budiwaspada; Deddy Deddy Wahjudi
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.5129

Abstract

Krusialnya logo bagi kepentingan city branding sebanding dengan perlunya keseriusan dalam proses perancangannya. Sejumlah penelitian menyebutkan persoalan utama metode perancangan logo brand kota adalah: tidak dilibatkannya masyarakat lokal secara efektif, serta rendahnya pemahaman bahwa branding kota lebih dari sekadar merancang logo saja. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan metode perancangan logo brand kota yang (1) melibatkan masyarakat lokal dan (2) yang terhubung dengan proses branding kota secara keseluruhan. Untuk itu, dilakukan pengkajian terhadap teori branding kota, personalitas brand, identitas visual brand kota, termasuk studi kasus perancangan logo brand kota-kota di Indonesia. Metode perancangan logo brand kota yang dirumuskan di sini dibedakan dalam tahap pencarian ide (riset, penggalian personalitas brand, konsep branding kota) dan tahap visualisasi (uji preferensi jenis logo dan elemen visualnya). Di setiap tahapnya, dilakukan pelibatan masyarakat melalui kuesioner sementara tim desainer berperan untuk mendesain alternatif bagi masyarakat. Metode usulan ini mampu memfasilitasi kolaborasi desainer dan masyarakat dalam perancangan identitas visual kotanya, serta memberikan output branding yang (tidak hanya logo dan slogan saja, namun) terintegrasi dengan personalitas brand-nya, ide intinya, serta segala strategi yang berperan besar dalam penerapan branding kota secara keseluruhan.
Komparasi Elemen Pembentuk Logo pada Logo KFC dan Logo JFC Ni Wayan Setiasih; Erma Sulistyo Rini
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6114

Abstract

Penelitian ini membahas tentang studi komparasi beberapa logo makanan cepat saji, yang menekankan pada elemen visual dari logo. Logo merupakan identitas dari suatu kelompok atau instansi. Setiap logo memiliki elemen yang terkandung di dalamnya. Elemen yang terdapat dalam logo yakni bentuk, tipografi dan warna. Elemen tersebut menimbulkan sebuah estetika dalam logo tersebut. Objek yang digunakan berdasarkan random sampling yakni Logo KFC dengan Logo JFC dan Logo Burger King dengan Logo Burger Friend. Logo tersebut adalah logo makanan cepat saji yang memiliki beberapa kemiripan kalau dilihat secara sekilas. Logo tersebut akan dilihat dari segi persamaan atau perbedaan. Dengan menggunakan studi komparasi yakni membandingkan persamaan dan perbedaan logo tersebut dengan menggunakan parameter dari elemen pembentuk logo yakni warna, ilustrasi dan tipografinya. Membandingkan kedua hal yaitu persamaan dan perbedaan bertujuan untuk melihat dari kedua logo apakah salah satu dari logo tersebut ada yang memiliki kesamaan atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan menggunakan metode kuesioner dan studi literasi untuk mengolah data yang diperoleh di lapangan. Kedua metode tersebut digunakan agar mendapatkan hasil yang akurat yaitu perbandingan dengan menggunakan hasil kuesioner dan dipertajam dengan studi literasi tentang elemen pembentuk logo.
Pengaplikasian Batuan Beku Pumice pada Lampu Duduk Ruang Tamu Yulriawan Dafri; Luthfiyya Dyah Rhainaratri
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6924

Abstract

Potensi batuan  beku Pumice banyak terdapat di sisi Timur Gunung Merapi, terutama di dusun Selo dan Muntilan, Jawa Timur dan juga di  pulau Bali. Potensi ini belum banyak dimanfaatkan masyarakat untuk membuat barang-barang seni. Penelitian ini bertujuan membuat produk kriya berbahan batuan Pumice berupa lampu untuk ruang tamu. Metode penelitian terapan ini deskriptif analitis dengan dasar penciptaannya  adalah praktik yang berbasis penelitian. Wujud  penelitian terapan ini adalah tiga karya  produk lampu duduk dalam bentuk tiga dimensional. Karya ini merupakan karya fungsional dengan pertimbangan khusus form follow function sehingga dapat menyesuaikan dengan ruang tamu hunian rumah tinggal. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi prototype  kriya baru berbentuk lampu dalam bingkai pengembangan nilai artistik dan nilai fungsi kriya. Di sisi lain dapat bermanfaat bagi industri  kriya berbahan batu di masyarakat.
Kajian Estetika Motif Batik Tulis Sipin Jajaran “Ikan Botia dan Ikan Ringo” Danau Sipin Jambi Vany Selvianti Tambunan; Reli Handayani; Eka Fitriani
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6123

Abstract

Batik Jambi terkenal dengan keragaman motifnya, namun penelitian mengenai aspek keindahannya belum banyak diinvestigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan aspek keindahan dari salah satu motif batik Danau Sipin Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan deskriptif analitik sebagai metodenya. Data penelitian adalah motif batik Danau Sipin Jambi khususnya motif “Ikan Botia dan Ikan Ringo”. Melalui teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif Ikan Botia dan Ikan Ringo memiliki tiga unsur keindahan karya seni yaitu keutuhan, penonjolan, dan keseimbangan. Keseluruhan unsur ini membawa kesan keaslian, makna, dan kesan keindahan pada motif batik “Ikan Botia dan Ikan Ringo” dari batik Danau Sipin.
Implementasi Bahasa Rupa dan Archetype pada Kerangka Desain Karakter dengan Gestur Budaya Jawa: Studi Kasus Serial Adit Sopo Jarwo Nita Virena Nathania; Ristia Kadiasti; Toto Haryadi
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6136

Abstract

Dalam merancang sebuah desain karakter, dibutuhkan adanya sebuah kerangka yang dijadikan acuan dalam pembentukan watak dan karakteristik sebagai pembeda masing-masing karakter. Pembentukan karakter tersebut juga tidak lepas dari pengaruh unsur budaya dari latar cerita yang disajikan. Pada penelitian ini, mengambil studi kasus serial Adit Sopo Jarwo yang mengambil latar budaya Jawa yang sarat akan pesan moral. Namun, hal tersebut harus dibuktikan seberapa besar andil budaya Jawa tersebut dalam visualisasi karakter Adit Sopo Jarwo dengan menggunakan Analisis Archetype yang membedah masing-masing fungsi dan peran karakter dengan struktur berdasarkan Hero’s Journey Model oleh Joseph Campbell yang kemudian direstruktur berdasarkan gestur dan watak menggunakan Analisia Bahasa Rupa NPM yang meramu hasil dari Analisis Archetype dan gestur budaya Jawa ke dalam sebuah framework desain karakter yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan perancangan sebuah desain karakter yang memiliki identitas budaya Jawa
Peran Pendidikan Animasi dalam Pengembangan “Konsep Eco-Label" Javier Mahsa Wirautama
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.5322

Abstract

Perancangan Animasi edukasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengubah preferensi produknya menjadi produk minyak sawit ramah lingkungan berlabel RSPO. Selain itu, video edukasi ini juga diharapkan dapat membuat RSPO lebih dikenal dan meningkatkan permintaan pelanggan akan produk minyak sawit ramah lingkungan. Di masa mendatang semua sektor yang terlibat diharapkan dapat turut andil dalam menjaga lingkungan dengan mampu menerapkan perilaku ramah lingkungan di industri kelapa sawit. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif di mana semua data dikumpulkan melalui wawancara dan juga studi pustaka. Hasil dari proyek ini akan disajikan dalam bentuk video dan workbook untuk memaparkan detail visual.
Metode Eksplorasi Anyaman Tradisional untuk Pembelajaran Desain Fabrikasi Interior Mahdi Nurcahyo
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6303

Abstract

Perubahan telah terjadi di berbagai bidang, termasuk bidang seni dan desain. Tantangan dari perkembangan teknologi material merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam elemen fabrikasi interior. Kehadiran teknologi dapat menunjang proses pengembangan desain dalam sebuah perancangan karya. Pada titik tertentu harus disadari bahwa sistem kerja digital memiliki sejumlah keterbatasan dalam eksplorasi ide desain yang melibatkan multisensor tubuh dalam mengenali karakter dan potensi material yang digunakan. Pengetahuan lokal tentang metode anyaman tradisional menjadi pemantik di dalam proses eksplorasi desain yang lebih mengkini. Penelitian terapan ini menggunakan pendekatan eksperimental dimana praktik eksplorasi anyaman tradisional dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa interior untuk menguatkan keterampilan (manual skills) di era disrupsi, merawat pengetahuan lokal masa lalu yang masih tersisa hari ini, dan menjadi jalan alternatif untuk membuka kesadaran tentang pentingnya desain Nusantara sebagai basis dalam menghasilkan produk inovasi.
Sinergi Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Internasional dalam Festival Seni Virtual JICAF Vegasari Adya Ratna; Gintang Win Gemintang
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6043

Abstract

Di masa pandemi, kolaborasi sebuah festival seni selain memudahkan juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. JICAF (Jogja International Creative Art Festival) merupakan festival seni virtual yang diselenggarakan oleh ISI Yogyakarta bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seni internasional. Secara keseluruhan acara, JICAF telah dianggap berhasil terlaksana dengan melibatkan beberapa mitranya. Secara pengelolaan, JICAF terkendala komunikasi jarak jauh yang membuat pesan yang disampaikan tidak efektif. Kondisi pandemi di dunia membuat pengumpulan karya dari luar negeri pun terhalang. Beberapa upaya dan strategi dilakukan oleh JICAF, tidak hanya demi terselenggaranya acara semata namun juga menciptakan nilai baru dan arti penting sebuah kolaborasi. Walaupun pengelolaan dinilai sporadis, namun festival ini mampu meneruskan hubungan antar mitra perguruan tinggi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi mengenai pengelolaan festival seni JICAF yang diselenggarakan secara virtual, khususnya strategi kolaborasi yang terjalin di dalamnya sehingga menciptakan sinergitas antar perguruan tinggi di masa pandemi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data primer dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara mendalam pada informan, dalam hal ini adalah ketua panitia dan kurator. Sedangkan data sekunder didapatkan dari pengumpulan dokumen, foto, arsip, literatur, dan berita ataupun tulisan yang dimuat pada media online.
Pemanfaatan Limbah Kayu dalam Perancangan Kursi Makan pada Perumahan Kota Podomoro Tenjo Noni Kusumaningrum; Tri Ernawati; Nuthqy Fariz; Aloysius Baskoro Junianto; Boike Janus Anshory
Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/ars.v25i1.6730

Abstract

Limbah kayu yang dihasilkan industri PT Kayu Lapis Indonesia (PT KLI) dapat dimanfaatkan untuk membuat furnitur sederhana yang cocok bagi hunian. Kendala secara umum dihadapi industri pengolah limbah kayu adalah keterbatasan kemampuan dalam desain. Dibutuhkan kejelian dalam memilih limbah kayu agar memperoleh desain yang tepat dan sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik material limbah kayu dari industri PT KLI yang dapat dimanfaatkan dalam perancangan furnitur dan membuat perancangan furnitur berupa kursi makan untuk perumahan Kota Podomoro Tenjo, Bogor. Langkah pertama metode perancangannya adalah menentukan jenis material limbah kayu dari industri PT KLI yang dapat dimanfaatkan, kemudian baru membuat perancangan furnitur berupa kursi makan. Berdasar pembahasan diperoleh hasil bahwa limbah kayu terutama limbah kayu solid dapat dimanfaatkan untuk desain kursi makan dengan teknik melaminasi lagi material-material limbah menjadi raw material baru. Raw material baru tersebut selanjutnya dapat diaplikasikan ke dalam komponen kursi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi pemecahan masalah limbah kayu PT KLI yang selama ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13